BATULICIN, POSKOBatulicin.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosp) meluncurkan inovasi BerAksi Smart Service dengan slogan “Satu Portal Semua Layanan”.
Kepala Diskominfosp Tanah Bumbu, Al Husain Mardani, mengungkapkan bahwa lahirnya inovasi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelayanan publik yang dinilai belum efisien, tidak terpusat, serta masih membingungkan masyarakat karena tersebar di berbagai aplikasi yang berjalan sendiri-sendiri.
“Melihat berbagai kondisi saat ini, mulai dari banyaknya layanan publik tersebar di berbagai aplikasi yang tidak terintegrasi, lemahnya arsitektur SPBE dan sistem interoperabilitas antar aplikasi, rendahnya literasi digital ASN dan masyarakat, serta minimnya monitoring dan pelaporan layanan digital secara real-time, maka diperlukanlah Inovasi Satu Portal Semua Layanan,” ujar Al Husain, di Batulicin, pada Jumat (8/8/2025).
Ia menambahkan, kondisi tersebut dibuktikan dengan fakta bahwa secara nasional terdapat lebih dari 27.000 aplikasi layanan aktif, sebagian besar masih berjalan secara silo (berdiri sendiri). Sementara itu, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Tanah Bumbu baru mencapai 3,3 (kategori baik), masih jauh dari target ideal yakni di atas 4,0.
Selain itu, 15 layanan utama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga belum terintegrasi sehingga menimbulkan inefisiensi birokrasi digital dan berpotensi menurunkan kepercayaan publik terhadap layanan pemerintah.
Jika persoalan tersebut dibiarkan, sambung Al Husain, maka akan berdampak pada meningkatnya ketidakpercayaan publik, rendahnya efisiensi kerja birokrasi, hingga kesenjangan akses layanan digital.
Solusi Inovatif
Untuk menjawab tantangan itu, Diskominfosp menghadirkan BerAksi Smart Service, sebuah portal layanan terpadu berbasis web dan mobile. Tahap awal akan difokuskan pada integrasi 15 layanan utama OPD.
Langkah strategis yang akan dilakukan antara lain:
- Penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) dan pedoman teknis penggunaan BerAksi Smart Service.
- Pelatihan ASN serta sosialisasi kepada masyarakat.
- Kolaborasi Public-Private Partnership (PPP) dengan pihak swasta dan perguruan tinggi.
- Penguatan branding dengan slogan “Satu Portal, Semua Layanan.”
Manfaat dan Harapan
Al Husain menegaskan, inovasi ini akan membawa manfaat besar, di antaranya:
- Meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis digital.
- Mewujudkan layanan yang cepat, mudah, dan efisien.
- Meningkatkan citra serta kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah.
- Mengakselerasi transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.
“Selain itu, diharapkan SPBE Tanah Bumbu bisa meningkat ke kategori sangat baik (di atas 4,0), literasi digital ASN dan masyarakat juga meningkat, serta terwujudnya Tanah Bumbu sebagai Kota Pintar (Smart City) yang memberikan kemudahan akses layanan publik bagi warga,” pungkasnya. (Rel)